Ikatan Musyawirin Santri Kwanyar (IMSAKA) Gelar Pengajian Akbar Rutin Ke 25 Dalam Rangka Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad.SAW.

  • Whatsapp

Indosiber.id | Jakarta – Dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad,SAW Ikatan Musyawirin Santri Kwanyar (IMSAKA) menggelar pengajian Akbar rutin Ke 25 yang bertempat di Mesjid Jami Al Hikmah,Jl. Agung Timur 8, Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara,Minggu,(04/01/2024)

Alunan sholawat dan lagu lagu islam mengawali pengajian tersebut yang dibawakan oleh tim Marawis Al Musallama,yang kemudian Pembukaan dari Mc, dilanjutkan dengan Pembacan Al Quran juga Istighosah,dan pada Puncaknya diisi dengan tausyiah dari Habib Jindan Bin Novel Bin Jindan.

Dalam pengajian rutin Imsaka ke 25 tersebut juga dilaksanakan pelantikan dan pengukuhan Pengurus Imsaka yang di lakukan Syekh KH Hanan Nawawi yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Darul Fatwa, Kecamatan Kwanyar,Kabupaten Bangkalan,Madura.

Kedatangan Habib Jindan Bin Novel Bin Jindan ke Pengajian tersebut disambut dengan lantunan Sholawat Nabi oleh Ribuan Jamaah yang hadir di acara tersebut.

Syekh KH.Hanan Nawawi saat diwawancari menyampaikan keawak media tentang sejarah dari Ikatan Musyawirin Santri Kwanyar (IMSAKA) tersebut.

“Ini kan berangkat dari sebuah komunitas berdiri pada tahun 1999, di situ kami Alumni dari Pondok Pesantren di Madura yang datang ke Jakarta untuk usaha,Sedikit banyak setiap seminggu sekali bertemu untuk mengingat ingat kajian yang ada di Pondok, akhirnya setelah berjalan beberapa tahun berkembang setiap kali ada Hari Besar Islam, mereka mengadakan seperti Maulid Nabi.Kemudian setelah begitu bertambah lagi, itu pun masih dalam komunitas terbatas,kemudian setelah dikenal mulai berkembang dengan Organisasi yang lain seperti dari Kecamatan Kecamatan lain,Serta Pesantren Suro Nangka dan sebagainya,Akhirnya makin tahun semakin besar.” ujarnya.

“Pada intinya dari itu tujuannya, pertama Silaturahmi antar santri dari Pondok Pesantren Darul Fatwa, kemudian silaturahmi dari antar pesantren, sehingga dengan persatuan bisa memupuk antara mereka kebersamaan.”ucapnya.

Lebih lanjut KH.Hanan Nawawi menjelaskan tentang kegiatan rutin Pengajian Akbar yang telah ke 25 kalinya di laksanakan oleh Ikatan Musyawirin Santri Kwanyar (IMSAKA).

“Alhamdulillah sekarang setiap tahun di adakan dan selalu meningkat,bahkan di tempat Sunter ini, Sudah ketiga kali nya,paling sukses di sini,bahkan dua tahun yang lalu masih Corona, Saya telpon dari Madura tanggung jawabnya disini bagaimana, Insyaallah Pak kyai,yang waktu itu ketakutan pemerintah untuk mengumpulkan orang banyak,tapi disini yang datang sampai dua ribuan sewaktu corona.”katanya.

“Ikatan Musyawirin Santri Kwanyar (IMSAKA) sekarang sudah banyak dari mana mana, tidak hanya dari Madura, karena banyak yang tertarik untuk gabung disini, banyak juga yang ikutan nyumbang, walaupun bukan orang Madura.Silaturahmi itu selain mengokohkan persaudaraan, tapi juga sekaligus Karimun Do’a.”bebernya.

KH.Hanan Nawawi juga menyampaikan bahwa dalam Pengajian Akbar Ikatan Musyawirin Santri Kwanyar ada juga Shalawatan,Istighosoh,dan juga Doa bersama.

“Harapannya biar orang Madura yang ada di rantau ini tetap mengikat persaudaraan,Sehingga persaudaraan ini,kita bisa saling Musyawarah.”tutupnya.

 

 

 







media.jpg"

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *