Hujan Deras Akibatkan Banjir Dikawasan Terminal Singaparna Tasikmalaya

  • Whatsapp
Oplus_0

INDOSIBER.ID – Hujan deras yang mengguyur diatas langit Tasikmalaya terjadi sejak rabu malam hingga kamis (04/07/2024) pagi dini hari mengakibatkan dibeberapa daerah wilayah di Tasikmala direndam banjir.

Salah satunya banjir di depan terminal Singaparnna.

Bacaan Lainnya

Kawasan terminal Singaparna kerap kali menjadi langganan banjir saat cuaca hujan tiba. Berdasarkan catatan media indosiber, banjir di terminal sudah terjadi sejak tahun 2021 lalu.

Hampir tiap hujan terminal menjadi langganan banjir. Banjir tersebut diduga disebabkan oleh sumur resapan dan saluran irigasi yang tidak berjalan lancar.

“Betul, banjir di terminal ini lagi mengakomodir data serta evakuasi yang terjadi bencana akibat hujan lebat yang terjadi tadi malam sampai sekarang,” kata Herry Yunius salah satu warga yang membuka usaha warung disekitar terminal.

Ditambahkannya, banjir limpasan di depan terminal sempat masuk ke area pasar Singaparna dengan tinggi sekitar semata kaki orang dewasa. Beberapa kendaraan bis dan angkot nekat menerobos saat air merendam jalan raya.

Selain banjir di depan terminal, pihaknya juga menerima laporan banjir juga terjadi di pintu masuk pasar Singaparna yang posisinya berdekatan dengan terminal, air juga menggenangi akses masuk ke kantor koramil.

Dia mengatakan, penyebab banjir masih mayoritas disebabkan oleh kondisi saluran yang tidak dapat menampung debit air tinggi manakala hujan deras turun. Ditambah, pembuangan sampah sembarangan membuat saluran air tersendat.

“Semua rata-rata diakibatkan saluran air tidak normal akibat sampah maupun volume saluran yang tidak mampu menampung debit air, dan keadaan jalan banyak lubang serta sering terjadinya kendaraan roda dua yang jatuh,” bebernya.

(Harun)









media.jpg"

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *