Jadi Tahanan Polda Sumsel, Kades Terpilih Desa Gerinam Dilantik Secara Virtual

  • Whatsapp

INDOSIBER.ID – Sebanyak 106 Kades terpilih dalam Pilkades Serentak secara resmi dilantik oleh Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar,SH,MM, Rabu (22/12/21).

Terdapat tiga tempat dalam pelantikan para Kades terpilih masa periode 2021-2027 di Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan yakni di Gelumbang sebanyak 44 Kades terpilih dan 61 di Muara Enim dan di ruang tahanan Polda Sumsel satu Kades terpilih dari Desa Gerinam 1 orang karena terkait adanya dugaan kasus narkoba yakni bernama Indra Yosep.

Bacaan Lainnya

“Ya, benar ada satu orang kades terpilih ikut dilantik secara virtual di ruang tahanan Polda Sumsel karena tersandung masalah yaitu dari Desa Gerinam Rambang Niru,”terang Kadin PMD Rusdi Hairulah, usai hadiri pelantikan para Kades terpilih di Gelumbang tersebut.

Dikatakan Rusdi, pelantikan Kades terpilih Desa Gerinam di ruang tahanan Polda Sumsel sudah sesuai aturan dan perundang-undangan dan dilakukan karena belum ada kekuatan hukum tetap atau inkrah.

“Ya, sesuai aturan Kades terpilih Desa Gerinam tetap dilantik meski dia kini tersandung masalah namun kita tegaskan bahwa Kades terpilih tersebut belum ada kekuatan hukum tetap sembari kita menunggu keputusan Pengadilan,”tegas Rusdi Hairulah.

Sementara kuasa hukum rival Kades terpilih Desa Gerinam yang sempat menggugat kades terpilih Indra Yosep terkait adanya dugaan cacat Admintrasi dan cacat awal proses pencalonan Kades terpilih Gerinam tersebut , mengungkapkan ,bahwa pihaknya terus akan menggugat proses awal pencalonan Kades terpilih Desa Gerinam Rambang Niru yang kini tengah ditahan diruang tahanan Satres Narkoba Polda Sumsel.

Lanjutnya, meski tetap ikut dilantik namun proses hukum untuk menggugat dugaan manipulasi adminitrasi dan dinilai cacat hukum dari Kades terpilih tersebut, tetap kita layangkan yaitu melalui PTUN.

“Tetap kita nilai cacat adminitrasi dan cacat hukum pelantikan Kades terpilih Desa Gerinam oleh Pj Bupati Muara Enim karena dugaan awal pencalonannya sudah bermasalah”terang Yulison Amprani,SH,MH, selaku kuasa hukum Candra Marta rival Kades terpilih tersebut, Rabu (22/12).

Sementara pada pelantikan sesi kedua setelah di Gelumbang PJ Bupati Muara Enim akan melantik sebanyak 61 Kades terpilih di gedung kesenian Muara Enim secara langsung dan 1 Kades terpilih ikut dilantik melalui Vidcom di ruang tahanan Satres Narkoba Polda Sumsel.

Laporan : Junai







media.jpg"

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *