Persoalan Sampah dan Jalan Berlubang jadi Diskusi Hangat dalam Musrenbang di Gelumbang

  • Whatsapp

.INDOSIBER.ID – PLT Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, membuka langsung peluncuran kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang ) tingkat Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim Tahun Anggaran 2023.

Dalam Musrenbang tersebut, persoalan sampah yang dibuang sembarangan masih menjadi persoalan dan berharap kepada pihak terkait dapat melakukan solusi secepatnya agar sampah dapat cepat diatasi.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut, dilontarkan langsung dari salah satu tokoh masyarakat Gelumbang Raya Japri, S,Sos, yang juga mantan anggota DPRD Dapil III Muara Enim saat mengikuti jalannya Musrenbang tingkat Kecamatan Gelumbang tersebut Senin(30/01).

“Ya, kita mendesak pihak terkait untuk menyiapkan armada beberapa unit untuk mengangkut serta membuang sampah pada tempatnya, dan salah satu sampah paling banyak dibuang sembarangan dikawasan Sukamenang Gelumbang ini,”ujar Japri.

Dikatakan Japri, sebetulnya persoalan sampah cukup sederhana,.namun dampaknya akan bahaya bagi kesehatan masyarakat, dan hadirnya PLT Bupati Muara Enim yang baru saja dilantik tersebut, dapat memperhatikan usulan kami, bila perlu membangun kantor UPTD mengatasi persoalan sampah ,” terang Japri.

Menanggapi usulan tokoh masyarakat tersebut, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muara Enim Kurmin, mengatakan, bahwa pihak DLH dalam hal sampah bukan sebagai pengelola sampah dan sebatas memberi penyampaian kepada pihak Dinas Kebersihan, namun pihaknya akan berkoordinasi agar pembuangan sampah ditempatkan pada tempatnya.

Lain hal nya kepala Bappeda Muara Enim M.Kasrun, bahwa pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah telah dibangun saat itu,dan saat itu terkendala Covid- 19, maka anggaran untuk menyiapkan beberapa unit kendaraan sampah terkendala, namun pihaknya menghimbau kepada para Kades dapat memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk mengatasi persoalan sampah,”ujar kepala Bappeda Muara Enim di kegiatan Musrenbang tersebut.

Lain halnya terdapat beberapa desa melalui usulan beberapa Kepala Desa yang ada di Kecamatan Gelumbang, bahwa usulan pembangunan serta perbaikan infrastruktur jalan -jalan yang banyak berlubang dan rusak berat untuk segera diperbaiki serta dibangun.

Hal tersebut, langsung dijawab oleh kepala dinas PUPR Muara Enim, bahwa pihaknya telah melakukan pembangunan anggaran tahun 2022 telah terdapat pembangunan jalan, dan terkait usulan jalan berlubang tersebut, pada Anggaran tahun 2023 ini akan dilakukan survei kembali,”tutur Kadin PUPR Eko.

PLT Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, menegaskan, bahwa awal kerja peluncuran Musrenbang tingkat Kecamatan yang saya hadir langsung di Kecamatan Gelumbang ini, nantinya akan benar-benar dilaksanakan sebaik-baiknya, agar hasil pembangunan dapat benar-benar dirasakan masyarakat, dan target kami dalam mengentaskan garis kemiskinan khususnya di Kabupaten Muara Enim dapat tercapai, sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Muara Enim yang Merakyat, Agamis, Sehat, Mandiri ,dan Sejahtera.

“Mari hilangkan perbedaan yang ada, dan sudah saat nya untuk terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Muara Enim dengan niat Lilahitala,”pungkas PLT Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, yang sekaligus membuka langsung Musrenbang tingkat Kecamatan Gelumbang dan juga menandatangani kesepakatan berita acara Musrenbang Tahun 2023.

Tampak hadir pada Musrenbang tersebut, Wakil ketua DPRD Muara Enim Hadiono, SH, para anggota DPRD Dapil III, Para Camat, Kapolsek Gelumbang, Danramil Gelumbang, para OPD, tokoh masyarakat, serta unsur lainnya.

(Junai)



media.jpg"

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *