Peran Pemuda sebagai Pelopor Dan Penyempurna Masa Depan Bangsa

  • Whatsapp

Penulis: Tahta Al’Djamaz || Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Muara Enim

INDOSIBER.ID – Pemuda, sebagai generasi penerus bangsa, memiliki peran yang sangat penting dalam membangun masa depan negara ini. Mereka adalah ujung tombak perubahan, pelopor inovasi, dan penyempurna dari apa yang telah dirintis oleh para pendahulunya.

Bacaan Lainnya

Dalam sejarah, kita mengenal yang namanya Sumpah Pemuda yang kita peringati setiap tanggal 28 Oktober. Sumpah Pemuda adalah tonggak utama dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar para pemuda ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Dalam sejarah tersebut dijelaskan tentang persatuan para pemuda yang dimulai dari Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928 di tiga lokasi, yaitu gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Oost Java Bioscoop, dan Indonesische Clubgebouw (Rumah Indekos, Kramat No. 106). (Sumber: museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id)

Pada kongres pemuda tersebut, disepakati penyatuan para pemuda yang sebelumnya terbagi dalam berbagai kelompok seperti Jong Java, Jong Sumatera, Jong Celebes, dan lain sebagainya.

Dalam konteks modern, pemuda memiliki akses terhadap pengetahuan dan teknologi yang lebih besar daripada generasi sebelumnya. Mereka memiliki kesempatan untuk membawa perubahan positif dalam berbagai bidang, termasuk teknologi, ilmu pengetahuan, sosial, dan ekonomi. Pemuda dapat menjadi agen perubahan dalam menangani berbagai tantangan global, seperti perubahan iklim, kesenjangan sosial, dan isu-isu kemanusiaan.

Namun, peran pemuda tidak hanya terbatas pada perubahan besar. Mereka juga dapat berperan dalam hal-hal sehari-hari yang membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Mengajar, berkontribusi dalam komunitas, dan mendorong toleransi dan keragaman adalah beberapa contoh bagaimana pemuda dapat membantu membangun fondasi yang kuat untuk masa depan.

Penting bagi kita semua untuk mendukung dan memberi kesempatan kepada pemuda untuk berkembang dan berkontribusi. Kita harus memberikan pendidikan berkualitas, pelatihan, dan dukungan yang mereka butuhkan agar dapat mencapai potensi penuh mereka. Dengan demikian, pemuda akan menjadi kekuatan utama dalam membentuk masa depan yang lebih cerah bagi bangsa ini.

Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2023! Jayalah selalu, Pemuda Indonesia.









media.jpg"

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *