KKN Universitas Serasan Lakukan Pemasangan Peta Jalan Desa Saka Jaya

  • Whatsapp

INDOSIBER.ID – Mahasiswa kelompok 3 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Serasan yang telah berkomunikasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), NOVITA SARI SE.,M.Si, telah melakukan kegiatan KKN di desa Saka Jaya Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim SUMSEL. Desa Saka Jaya merupakan desa yang dipilih menjadi desa tujuan Kuliah Kerja Nyata Universitas Serasan tahun 2024 pada periode tanggal 24 Februari sampai dengan 24 Maret 2024, selama 1 bulan.

Berjarak 14,6 km dari pusat kota dan berada di tengah pekebunan kalapa sawit. Permasalahan yang sering terjadi yaitu kurangnya fasilitas prasarana yang memadai terkait petunjuk arah secara keseluruhan dan adanya keterbatasan akses internet di desa untuk membuka aplikasi peta digital untuk petunjuk arah sehingga sangat diperlukan sekali pembuatan plang peta desa.

Bacaan Lainnya

Plang peta desa perlu dibuat untuk mempermudah warga pendatang ketika masuk ke Desa Saka Jaya, program pemasangan plang yang dilakukan oleh kelompok 3 Kuliah Kerja Nyata Universitas Serasan Angkatan II tahun 2024. Plang peta dapat memudahkan akses untuk menemukan sebuah lokasi tujuan, seperti kantor pemerintahan desa, tempat ibadah, puskesmas, sekolah serta gang kecil arah menuju ke rumah warga maupun lokasi-lokasi strategis tertentu lainnya.

Dalam pelaksanaan pengabdian terhadap masyarakat Desa Saka Jaya Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim sasaran akan terbagi menjadi beberapa tahapan program kerja mulai dari melakukan Survey hingga proses evaluasi akhir.

Program kerja ini yang dijabarkan sebagai berikut:
1. Survey dan Analisis
Melakukan survey dan analisis terhadap kondisi infrastruktur desa, seperti jalan, sarana pendukung atau sarana lingkungan desa. Sehingga mahasiswa dapat melakukan pengukuran dan analisis untuk menentukan jenis dan ukuran infrastruktur yang dibutuhkan.

2. Perencanaan
Merencanakan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan, termasuk perhitungan biaya dan waktu yang dibutuhkan. Mahasiswa dapat membuat desain dan gambar teknis untuk memudahkan pelaksanaan pekerjaan pembuatan plang peta desa.

3. Tahap Pelaksanaan
Tahapan ini merupakan inti dari kegiatan pengabdian masyarakat dimana mahasiswa melakukan pembangunan infrastruktur sesuai dengan rencana yang telah dibuat. mahasiswa KKN melaksanakan proses pembuatan plang peta desa sesuai dengan desain yang telah dibuat dan sesuai waktu pengerjaan yang telah dibuat sehingga program kerja selesai sesuai jadwal yang ditentukan

4. Evaluasi dan Monitoring
Melakukan evaluasi secara berkala terhadap dampak program yang dilaksanakan serta melakukan monitoring terhadap kondisi infrastruktur yang telah dibangun.

Kegiatan pembuatan serta pemasangan plang peta desa Saka Jaya titik lokasi yang sudah ditentukan dan program tersebut telah terlaksana dengan baik. Program ini terlaksana tidak terlepas dari antusias kami sebagai mahasiswa serta partisipasi, dukungan dan bantuan pemuda dan masyarakat Desa Saka Jaya. Dalam proses pengabdian masyarakat melalui KKN Universitas Serasan mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi program tersebut tidak ditemukan hambatan yang cukup berarti.

Dengan adanya papan peta desa, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Saka Jaya dan sekitarnya maupun pendatang. Papan petunjuk arah jalan dusun merupakan prasarana untuk memperjelas arah menuju alamat yang akan dilewati oleh pengguna jalan. Diharapkan plang peta desa ini terjaga dengan baik, dan Kelompok 3 Universitas Serasan Muara Enim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu kami dalam pelaksanaan salah satu program kerja kami ini sehingga dapat terlaksana dengan baik dan dapat terselesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan.









media.jpg"

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *