Warga Kampung Bongas Bersukacita, Pemilihan Ketua RT/RW Berjalan Lancar Aman dan Sukses

  • Whatsapp

INDOSIBER.ID – Warga kampung Bongas desa Sukakarsa kecamatan Sukarame kabupaten Tasikmalaya bersukacita karena telah melaksanakan pesta demokrasi dalam pemilihan RT dan RW (Pilkaret) secara langsung umum bebas dan rahasia pada Jum’at 31 Mei 2024 untuk pemulihan ketua RT sedangkan pada Jumat berikutnya tanggal 7 Juni 2024 pemilihan ketua RW. Kegiatan dimulai pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB dilanjutkan dengan proses perhitungan suara.

Pemilihan ketua RT dan RW ini bertujuan untuk pembelajaran politik yang bersih, tanpa money politik, sekaligus untuk regenerasi kepemimpinan Dusun sehingga kedepannya akan lebih maju dan berdaya saing.

Bacaan Lainnya

Harun, selaku tokoh warga masyarakat yang sekaligus ketua panitia pilkaret menyampaikan bahwa proses pemiihan berlangsung damai dan lancar.

Pemilihan ini diikuti oleh 3 calon dari masing-masing RT satu RW dengan partisipasi pemilih berjumlah 486 DPT dengan 2 calon masing masing RT, 001 Denis Candra kirana no urut 1 (99 suara ), di susul no urut 2 tanpa nama (9 suara), dan tidak sah (10 suara).

Untuk RT 002 Andri no urut satu (73 suara) di susul Yandi Setiawan no urut 2 (41 suara) dan tidak sah (2 suara).

Untuk RT 003 Yanah no urut 2 mendapat (28 suara) di susul Ade Suherman no urut 1 (26 suara) dan tidak sah (5 suara).

Sementara untuk ketua RW diikuti oleh 3 kontestan terdiri dari Yayan Sopiana nomor urut 3 mendapatkan suara terbanyak (180 suara ), di susul nomor urut 2 Hasan (119 suara), sementara Asep Sayfulloh (9 suara), dan tidak sah (2 suara).

Harun, selaku ketua panitia menyampaikan harapannya terhadap suksesnya proses pemilihan tanpa gesekan antar warga, bahwa semangat ini menjadi modal untuk pembangunan desa Sukakarsa yang lebih maju, ujar Harun.

Ditambahkan Harun, selain bongas Wetan, pemilihan juga dilaksanakan di Bongas Kulon dan Cibulakan. Pemerintah desa sangat senang karena demokrasi yang ada disikapi dengan bijak oleh semua warga dengan dilandasi sikap saling toleransi terhadap perbedaan sikap, tambah Harun kepada media pada Senin (10/6/24)

Sementara itu, Seketaris Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ai Priatin SP.d juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh warga desa Sukakarsa atas pelaksanaan Pilihan ketua RT dan RW yang berlangsung aman dan tertib.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan pemilihan ketua RT dan RW, karena kegiatan ini mencerminkan sikap dewasa dengan kesadaran pemilih desa Sukakarsa yang tinggi. Tanpa gaji panitia, tanpa bantuan dari pihak manapun, warga swadaya dan bergotong-royong melaksanakan proses demokrasi. Kegiatan ini melaksanakan peraturan desa Sukakarsa nomor 04 Tahun 2019 tentang RT dan RW,”

“Pengurus RT dan RW yang terpilih rencananya akan dilantik secara serentak pada tanggal 31 juli 2024 di Balai Desa sukakarsa,” pungkasnya.

(Redaksi)









media.jpg"

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *